Analysis of The Islamic Montessori for Multiple Intelligences Method in Alpha Generation Children in The Development of Islamic Education Learning

Authors

  • Abu Darda Universitas Darussalam Gontor
  • Sintya kartika Prameswari Universitas Darussalam Gontor
  • Fathimah Kamilatun Nisa Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.51468/jpi.v5i2.156

Keywords:

Anak Generasi Alpha Metode Islamic Montessori for Multiple Intelligences Pendidikan Agama Islam

Abstract

Anak terlahir ke dunia sebagai fitrah kedua orang tuanya. Pentingnya pendidikan dari seorang pendidik merupakan pondasi awal terbentuknya kreatifitas dan keaktifan pada anak. Peran pendidik dari orang tua dan guru merupakan prinsip bagaimana mereka dibentuk dan dibina oleh lingkungan masing-masing. Generasi alpha adalah anak yang lahir di tahun 2010 hingga sekarang. Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat generasi alpha sangat terampil menggunakan teknologi. Sehingga, mereka berprinsip untuk menjadi generasi yang tidak ketinggalan zaman. Dewasa ini, zaman pun di dominasi dengan sifat yang serba instan dan serba mudah yang mengakibatkan pengaruh dalam segala bidang khususnya bidang pendidikan. Metode Islamic Montessori for Multiple Intelligences merupakan metode yang mengajarkan pendidikan Islam berdasarkan kecerdasan majemuk pada anak. Kecerdasan anak generasi alpha memiliki potensi dalam kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) yang komplit sehingga mereka bisa bertahan, beradaptasi dan selalu tangguh dalam mengikuti tingkat keragaman yang tinggi dan segala perubahan yang serba Instan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peran pendidik terhadap anak generasi alpha dalam pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode Islamic Montessori for Multiple Intelligences, (2) metode yang dapat menunjang kesuksesan dalam perbaikan kualitas pendidikan. Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (Library Research). Bersumber primer dan sekunder yaitu buku Maria Montessori yang di terjemahkan dalam bahasa Indonesia dan refrensi-refrensi jurnal. Hasil dari pembahasan dalam tulisan ini adalah (1) pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang menerapkan sebagai berikut, kecerdasan bahasa, logika matematika, visual spasial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal dan kecerdasan naturalis. (2) mengetahui kecerdasan majemuk pada anak generasi alpha dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

 

Analysis Of The Islamic Montessori For Multiple Intelligences method in Alpha Generation Children In The Development Of Islamic Education Learning

 

Children are born into the world as the nature of both parents. The importance of education from an educator is the initial foundation of the formation of creativity and activity, children. The role of educators of parents and teachers is a principle of how they are formed and fostered by the environment. Alpha generation is a child born in 2010 until now. The development of increasingly advanced technology makes the Alpha generation highly skilled using existing technology. They are principled to become an unfashionable generation. Today, the era is dominated by an instant and easy nature that results in influence in all fields, especially the field of education. The Islamic Montessori for Multiple Intelligences method is a method that teaches Islamic education based on compound intelligence in children. The intelligence of alpha generation children has the potential incomplete multiple intelligences so that they can survive, adapt and always be resilient in following high levels of diversity and all changes that are instant. This research aims to find out (1) The role of educators to alpha generation children in the development of Islamic Education learning with Islamic Montessori methods for Multiple Intelligences, (2) Methods that can support success in improving the quality of education. The method in this article uses by library research. The primary and secondary source is Maria Montessori's book translated in Indonesian and journal references. The result of the discussion in this paper is (1) The development of Islamic Religious Education learning that applies the following, language intelligence, mathematical logic, spatial-visual, kinesthetic, interpersonal, intrapersonal, and naturalist intelligence. (2) Knowing the compound intelligence in alpha generation children in Islamic education.

References

Abbas, Ros Ariani. “Konsep Kecerdasan Majemuk Perspektif Howard Garner Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Pendidikan 1 (2016).

Chandra, Pasmah. “Problematika Tantangan Dan Peluang Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Perguruan Tinggi.” Aghinya Stiesnu (2020).

Dewi, Saifuddin, Jajang. “Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri Anak Usia Dini.” Pendidikan Anak 1 (2018).

Gazali, Erfan. “Pesantren Di Antara Generasi Alpha Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi 4.0.” Ilmiah Kajian Islam 2 (2018).

Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan. Malang: Literasi Nusantara, 2020.

Husaini, Adian. Kiat Menjadi Guru Keluarga. Sukoharjo: Pustaka Arafah, 2019.

Mukrimaa, Syifa S. Metode Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: UPI, 2014.

Necy, Anwar, Eko. “Penerapan Islamic Montessori Activity Pada Kegiatan Pembelajaran Anak Usia Dini Di RA. Tunas Mulia Dua Desa Pandanlandung Kecamatan Wagir Kabupaten Malang.” Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini (2021).

Paramita, Vidya Dwina. Jatuh Hati Pada Montessori (Seni Mengasuh Anak Usia Dini). Bandung: Mizan Media Utama, 2017.

Prof.Dr.Hamka. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Republika, 2018.

Risa, Annisa. “Implementasi Metode Montessori Pada Pendidikan Anak.” Journal Pendidikan IAN Bengkulu (2016).

Savitri, Ivy Maya. Montessori for Multiple Intelligences. Yogyakarta: Pt.Bentang Pustaka, 2019.

Susanto, Adlan Nawawi, Anik. “Implementasi Metode Islamic Montessori Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di TK Islamic Montessori Al-Hamidiyah Depok.” Statement (2021).

Ummah, Risalul. “Multiple Intelligence Terhadap Prestasi Belajar Di Generasi Alpha.” Al-Kayyis, Jurnal Pendidikan Dasar (2020).

Wulandari, Dewi Asri. “Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini.” Awlady (2018).

Yoga, Miarti. Saatnya Membekali Anak Dengan Kecakapan Hidup. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2018.

Zahira, Zahra. Islamic Montessori. Jakarta Selatan: Trans Media, 2019.

Downloads

Published

2023-03-09

How to Cite

Abu Darda, Sintya kartika Prameswari, & Fathimah Kamilatun Nisa. (2023). Analysis of The Islamic Montessori for Multiple Intelligences Method in Alpha Generation Children in The Development of Islamic Education Learning. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2 Februari), 47–59. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i2.156