Problematika Administrasi Pendidikan pada Sekolah pingiran di Yogyakarta

Authors

  • Qiyadah Robbaniyah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta
  • Baizura Barnas Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta
  • Muqminatul Afifa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta
  • A’isyah Fajar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51468/jpi.v5i4.296

Keywords:

Education administration, Periphery School, Berbah National Vocational, School, SMP Global Islamic School, Jogja, Most Public Elementary, Schools

Abstract

Penelitian ini mengungkap problematika administrasi pendidikan di sekolah-sekolah pinggiran di Yogyakarta dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa administrasi di SMK Nasional Berbah berperan penting dalam mutu sekolah. Evaluasi administrasi dilakukan setiap semester oleh tim pengawas dan setiap bulan oleh yayasan. Kendati demikian, terdapat hambatan seperti keterbatasan waktu dan tenaga. Solusinya adalah melimpahkan tugas kepada individu yang mampu menangani beberapa bidang atau memperdayakan staf. SMP Global Islamic School Jogja menerapkan kurikulum 2013 dengan pendekatan bilingual dan program "Pin I Speak English." Sekolah ini menjalin hubungan dengan sekolah-sekolah sekitarnya melalui lomba dan diskusi dengan masyarakat serta melibatkan masyarakat dalam peran di sekolah. Sarana prasarana di SMP GIS Jogja memenuhi standar pemerintah. SD Negeri Banyakan memiliki administrasi keuangan, kepegawaian, kurikulum, dan pembelajaran. Kepala sekolah dan bendahara bekerja sama dalam pengelolaan keuangan. Administrasi kurikulum diperbarui setiap tahun ajaran, sementara administrasi pembelajaran diurus oleh guru TU melalui dapodik OPS. Penelitian ini mengidentifikasi permasalahan administrasi pendidikan di sekolah-sekolah pinggiran di Yogyakarta dan menyajikan solusi serta upaya menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat dan sekolah-sekolah di sekitar

References

Hermawan, A., & Rohman, A. (2021). Analisis Implementasi Administrasi Sekolah. Reformasi, 11(2), 250–258. https://doi.org/10.33366/rfr.v11i2.2479

Hidayat, S. P., & Nurhikmahyanti, D. (2014). Peran Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Sekolah Di MAN 1 Kota Mojokerto. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 152–162.

Nugraha, S. (2022). PROBLEMATIKA GURU MERANGKAP SEBAGAI TENAGA ADMINISTRASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI. Jurnal EDUPENA, 3(2), 56–65.

Parida, P., Lias Hasibuan, Kasful Anwar, & Ahmad Fadhil Rizki. (2021). Administrasi Sekolah (Administrasi Keuangan, Perlengkapan, Hubungan Sekolah dengan Masyarakat). Bedelau: Journal of Education and Learning, 2(1), 19–33. https://doi.org/10.55748/bjel.v2i1.60

Qiyadah Robbaniyah, Azima Ummu Magfirotul Ta`liah, K. (2023). implementasi pengelolaan asrama di pesantrean islamic center bin baz yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 137.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Sarwadi, Q. Robbaniyah, R. L. (2022). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia. Jurnal Administrastrasi Pendidikan, 13(2), 156–168.

Satrio, Hasibuan, L., Us, K. A., & Rizki, A. F. (2021). Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidikdan Tenaga Kependidikandalam Tinjauan Administasi Sekolah. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4(2), 92–101. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IJIEM/article/view/13057

Ushansyah. (2017). Pentingnya Administrasi Sekolah Untuk Kemajuan Pendidikan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(27), 13–22. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ittihad/article/download/1595/1163

Dr. H. A. Zaki Mubarak. (2019) Problematika Pendidikan Kita: Masalah-masalah Pendidikan Faktual dari Guru, Desain Sekolah dan Dampaknya. (n.p.): zakimu.com.

Ananta Vidya. Administrasi Pendidikan Madrasah Diniyah. (n.d.). (n.p.): Ananta Vidya.

Nashihin H. (2017) Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. . (n.p.): Formaci.

Nashihin, H. (2020). Implementasi totalqualitymangement (tqm) di madrasah ibtidaiyah darul huda yogyakarta. As-Sibyan, 3(2), 37-50.

Hasbi, I., Fuadi, A., Nadeak, B., Arifudin, O., Juliastuti, J., Lestari, A. S., ... & Arafah, N. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik).

Na’im, Z., Yulistiyono, A., Arifudin, O., Irwanto, I., Latifah, E., Indra, I., ... & Gafur, A. (2021). Manajemen Pendidikan Islam.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Robbaniyah, Q., Barnas, B., Afifa, M., & Fajar, A. (2023). Problematika Administrasi Pendidikan pada Sekolah pingiran di Yogyakarta . At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 496–506. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i4.296