Penerapan pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim terhadap pembentukan nilai –nilai akhlak santri Pondok Pesantren Darul Hijroh Sukoharjo

Authors

  • Ridwan Setiyono Istitute Islam Mambaul Ulum Surakarta, Indonesia
  • Siti Rohimah Istitute Islam Mambaul Ulum Surakarta, Indonesia
  • Meti Fatimah Istitute Islam Mambaul Ulum Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51468/jpi.v5i4.305

Keywords:

Learning, Kitab Ta'limul Muta'alim, Moral Values, Students, Pondok Pesantren Darul Hijroh Sukoharjo

Abstract

This study aims to explore the implementation of Kitab Ta’limul Muta’allim learning in shaping moral values among students at Pondok Pesantren Darul Hijroh Sukoharjo. A qualitative approach was employed, collecting data through interviews and observations. The findings reveal that the implementation of Kitab Ta’limul Muta’allim learning is effective in shaping important moral values among students. Values such as piety, patience, honesty, and openness are developed through a deep understanding of Islamic teachings and practical application in daily life. The students responded positively to this learning approach and experienced changes in their attitudes and behaviors. This study provides a deeper understanding of the role of Kitab Ta’limul Muta’allim learning in shaping the character of students.

References

Abdul Hamid. (2016). Metode Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110–127. http://jurnal.upi.edu/file/06_Metode_Internalisasi_Nilai-Nilai_Akhlak_-_Abdul_Hamid1.pdf

Al-Hadiq, A. (2022). Pembentukan Sikap Ta’dzim Santri Kepada Kyai Melalui Pengajian Kitab Ta’lim Muta’al im di Pondok Pesantren al-Barokah. Skripsi, hlm. 78.

Dr. J.R. Raco, M.E., M. S. (2018). METODE PENELlTlAN KUALlTATlF JENIS, KARAKTERISTIK, DAN KEUNGGULANNYA. PT Grasindo. https://osf.io/mfzuj/

Fadholi, T., Waluya, B., & Artikel, I. (2015). Analisis Pembelajaran Matematika Dan Kemampuan Literasi Serta Karakter Siswa Smk. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 4(1), 42–48.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., & Fardani, R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue April).

Hidayatulloh, A. I., Rokhmawanto, S., & Fauziah, M. (2021). Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Kitab Ta’limul Muta’allim. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 8(2), 1–12. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v8i2.364

Hilyatunnisa’, S. (2018). Relevansi Prinsip-Prinsip Belajar Menurut Syaikh Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’Lim Al-Muta’Allim Dengan. Eprints.Walisongo.Ac.Id. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12496/

Irwandi, I. (2022). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Pemikiran Syekh Az-Zarnuji (Studi Analisis Kitab Ta’lim Muta’allim). Edumaniora, 01, 19–29. https://journal.cdfpublisher.org/index.php/edumaniora/article/download/24/23

KUDUS, I. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Kitab Ta’Limul Muta’Allim. 1–23.

Lismijar. (2019). Pembinaan sikap ikhlas menurut pendidikan islam. Jurnal Intelektual, 5(2), 83–105. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/proceeding/article/view/3754

Ma’munudin, D., & Muslihah, E. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’Lim Muta’Alim Terhadap Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 1. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i1.1921

Malik, A. (2019). Akhlak Mulia. Al-Tarbiyah Al-Khuluqiyah, 269.

Marlina, M., Suhartono, S., Hasan, S., & Ikhsanudin, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim Terhadap Pembentukan Sikap Tawadhu’Siswa MA Nurul Huda. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 66–74.

Muflihaini, M. (2017). Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Hidayatullah Tanjung Morawa. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 1(1).

Nasihatun, S. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam dan Strategi Implementasinya. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 7(2), 321–336. https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.100

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: WaRachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184wancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40.

Rifai, A. (2018). Pendidikan Karakter Dan Pendidikan Akhlak. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 9(17), 97–116. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.55

Salim & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.pdf (pp. 1–202).

Stai, D., Al, Y., & Bandung, J. (2021). BIMBINGAN AKHLAK DALAM MENUNTUT ILMU PADA SANTRI MAGRIB MENGAJI MELALUI PENDEKATAN KAJIAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALIM Muhammad Saepul Ulum. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 3(1), 2021.

Syafitri, S. M. (2020). Menumbuhkan Empati Dan Perilaku Prososial Terhadap Anak Usia Dini Dalam Menanggapi Pelajaran Isu Dunia Nyata. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 12(2), 140. https://doi.org/10.26418/jvip.v12i2.34049

Tamiya, I., Hanief, M., & Santoso, K. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pendidika Karakter Dalam Kitab Ta’Limul Muta’Allim Studi Di Madrasah Diniyyah Al-Rifa’Ie Pondok Modern Al …. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/17039%0Ahttp://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/download/17039/12811

Taufikurrahman, S. F. dan. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kitab Ta ’ limul Muta ’ alim Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Di Pondok Pesantren Nasruddin. KABILAH : Journal of Social Community, 6(2), 88–101. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5402/3443

Zainatur, R. (2022). Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Modern Palangkaraya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 2(6), 282–289. https://www.jipkl.com/index.php/JIPKL/article/view/32

Downloads

Published

2023-12-06

How to Cite

Setiyono, R., Rohimah, S., & Fatimah, M. (2023). Penerapan pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim terhadap pembentukan nilai –nilai akhlak santri Pondok Pesantren Darul Hijroh Sukoharjo. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 557–569. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i4.305