Implementasi proyek penguatan profil pelajar rahmatan lil ‘alamin (PPRA) dalam meningkatkan karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Magelang

Authors

  • Imron Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Yunika Purwani Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Sulastri Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.51468/jpi.v5i4.308

Keywords:

Strengthening Student Profile, Rakhmatan Lil'alamin, Religious Character

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui karakter religius,2) implementasi PPRA dalam meningkatkan karakter religius, 3) problematika dan penyelesaian kendala implementasi PPRA dalam meningkatkan karakter religius di MIN 1 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian analisis kuantitaif yang untuk menganalisis implementasi PPRA dalam meningkatkan karakter religius siswa MIN 1 Magelang. Lokasi penelitian di MIN 1 Magelang yang beralamat di Jalan Green Metro Santan, Sumberrejo, Mertoyudan Kabupaten Magelang. Penelitian lapangan dengan melakukan penelitian langsung ke obyek penelitian yaitu pada MIN 1 Magelang untuk memperoleh data yang akurat tentang Implementasi PPRA dalam meningkatkan karakter religius. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan dokumentasi. Metode dokumentasi yang digunakan dalam penelitian ini berupa gambar atau foto yang diambil saat observasi, catatan perkembangan siswa (rapot) serta dokumen-dokumen lain yang diperlukan. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan implementasi PPRA karakter peserta didik MIN 1 Magelang mengalami peningkatan yang signifikan, dapat dilihat dari rata-rata kelas nilai karakter peserta didik pra siklus sebesar 76,69, pada siklus 1 sebesar 83,96 dan pada siklus 2 87,78. Kendala dalam implementasi PPRA yaitu dalam hal pembiayaan dan minimnya pendampingan dari pihak terkait khususnya instansi Kementerian Agama Kabupaten Magelang.

References

Abdul Madjid. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan.

Alfian Nurul Khoirulloh, Hafidz, H. N. (2023). Strategi Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Griya Qur’an 3 Klaten. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 1–12.

Dirjen Pendis Kemenag RI. (2022). KMA nomor 347 Tahun 2022 (Vol. 2, Issue 2).

Ghoni, A. (2016). Konsep tawakal dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam : studi komparasi mengenai konsep tawakal menurut M. Quraish dan Yunan Nasution. An-Nuha, 3(1), 109–121.

Hadisi, L., Hakim, M. R., Musthan, Z., Nashihin, H., & Kendari, I. (2023). Implementation of Learning Management In Building an Attitude of Religious Tolerance at State High Schools In The Muna District. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, c, 1879–1892. https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4296

Hamandia, M. R. (2020). Stategi Komunikasi Dakwah Ustadz Fauzan Yayan Dalam Meningkatkan Sifat Qana’Ah Masyarakat Kota Palembang. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), 4(2), 96–105. https://doi.org/10.19109/jkpi.v4i2.7184

Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Kebijakan Penerapan Budaya Damai Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA Neberi 1 Sugihwaras Kab. Bojonegoro. Pedagogik, 5(2), 193–208.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi. 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hidayat, R. (2023). ANALISIS PELAKSANAAN PROYEK PROFIL PELAJAR.

Husaini Hasan, Hafidz, H. N. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Media E-Learning dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VIII di SMP IT Nur Hidayah Surakarta. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 1–12.

Husna Nashihin, Yenny Aulia Rachman, Betania Kartika, Nurmasinta Fadhilah, T. H. (2023). Pendidikan TPQ Kontra Radikalisme berhaluan Aswaja (M. D. Yahya (ed.)). Academia Publication. https://idr.uin-antasari.ac.id/22876/2/Pendidikan TPQ Kontra Radikalisme Berhaluan Aswaja -1-.pdf

Ilahi, M. takdir. (2014). Gagalnya pendidikan Karakter.

Jatmiko Wibisono, Hafidz, Iffat Abdul Ghalib, H. N. (2023). Konsep Pemikiran Pembaharuan Muhammadiyah Bidang Pendididkan (Studi Pemikiran Muhammad Abduh). Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 514–522.

Kurniawan, S. (2013, February). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya.

Kusno. (2014). Model Pendidikan Karakter Religius berbasis pada Pengetahuan Matematika. 1–11.

Linnaja, N., & Imron, A. (2021). Pendidikan Karakter Santri Program Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darul Islah Kertek Wonosobo. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 39–62. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1731

Maryam Jamilah Yanayirtika. (n.d.). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru dengan Prediktor Motivasi Kerja Guru dan Lingkungan Kerja ( Studi di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Mertoyudan).

Muchamad Chairudin, H. N. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Al-Quran Surat Yusuf Ayat 13-20 Kajian Tafsir Al Misbah Karya M. Quraish Shihab. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 754–765.

Mufid, M. (2023). Penguatan Moderasi Beragama dalam Proyek Profil Pelajar Rahmatan Lil ’Alamin Kurikulum Merdeka Madrasah. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 2(2), 141–154.

Muhammad, Y. (2021). Konsep Dasar Karakteristik Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam. AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 3(2), 157–169.

Nashihin, H. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Formaci. https://books.google.co.id/books?id=X27IDwAAQBAJ

Nikita Nur Zulaecha, Hafidz, Biela Nanda Oktivibi Pertiwi, H. N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Dakwah Digital dalam Penyiaraan Agama Kalangan Kaum Milenial di Instagram (Ustadz Hanan Attaki). Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 1–12.

Nurul Umah Fijanati, Hafidz, Sukadi, H. N. (2023). Etika Dakwah Menurut Pandangan Habib Husein Jafar Al Hadar dalam Channel Youtube Jeda Nulis. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 1–12.

RI, D. P. (2006). Undang-undang Tentang Guru dan Dosen (Undang-undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 serta UU No.20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS). Citra Umbara.

Said Hamid Hasan. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa”, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Puskur Balitbang Depdiknas.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Syaiful Anam, H. N. (2023). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Eksperimen, dan R&D). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantitatif/w-bFEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Zakarya, Hafidz, Martaputu, H. N. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Kurikulum Nasional, 2(2), 1–13.

Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter. 17.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Imron, Yunika Purwani, & Sulastri. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar rahmatan lil ‘alamin (PPRA) dalam meningkatkan karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Magelang. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 841–854. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i4.308