Nilai - nilai pendidikan karakter bagi anak usia dini (telaah terhadap QS. Luqman 12-19 dalam tafsir Al Misbah)

Authors

  • Hilda Putri Seviarica
  • Difaul Husna Universitas Ahmad Dahlan
  • Anaas Tri Ridlo Dina Yuliana

DOI:

https://doi.org/10.51468/jpi.v5i4.333

Keywords:

Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Qs Luqman

Abstract

Education is not only to transfer knowledge but also to internalize character values in life. In line with this, Islam strongly emphasizes the importance of having a noble character as a result of the process of cultivating education. Therefore, character education also needs to refer to the Quran, not only science or the fatwas of experts. This literature study aims to explore the value of character values contained in Qs. Luqman verses 12–19 Data collection techniques use document review techniques with primary QS data sources. Luqman from verses 12–19 in Tafsir Al-Misbah. Data analysis in this study used content analysis techniques and comparative methods. Based on the results of the study, it can be concluded that the values of character education in early childhood are contained in QS. Luqman verses 12–19 based on the book of Tafsir Al-Misbah, including gratitude, tawhid, filial piety towards parents, amar ma'ruf nahi munkar, and good morals.

References

Pendidikan tidak hanya untuk mentransferkan ilmu pengetahuan, melainkan juga sebagai proses internalisasi nilai-nilai karakter dalam kehidupan. Selaras dengan hal itu, Islam sangat menekankan akan pentingnya untuk memiliki karakter yang mulia sebagai hasil dari proses penanaman pendidikan. Oleh karenanya, pendidikan karakter juga perlu merujuk pada Al-Quran, tidak hanya berdasarkan ilmu pengetahuan ataupun fatwa para ahli. Studi kepustakaan ini bertujuan untuk menggali nilai nilai karakter yang terdapat dalam Qs. Luqman ayat 12-19. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik telaah dokumen dengan sumber data primer QS. Luqman dari ayat 12-19 dalam Tafsir Al-Misbah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi dan metode komparatif. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter pada anak usia dini yang termuat dalam QS. Luqman ayat 12-19. Berdasarkan kitab tafsir Al-Misbah, diantaranya adalah syukur, tauhid, bakti terhadap orangtua, amar ma’ruf nahi munkar dan akhlak yang baik

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Putri Seviarica, H., Husna, D., & Tri Ridlo Dina Yuliana, A. (2023). Nilai - nilai pendidikan karakter bagi anak usia dini (telaah terhadap QS. Luqman 12-19 dalam tafsir Al Misbah). At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 755–768. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i4.333