Analisis faktor-faktor penyebab rendahnya akhlak siswa di MI Muhammadiyah Derasan Andong Boyolali tahun pelajaran 2022/2023

Authors

  • Ribut Santoso Institut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta, Indonesia
  • Joko Subandono Institut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta, Indonesia
  • Meti Fatimah Institut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51468/jpi.v5i4.415

Keywords:

Teacher's Strategy, Strategi Guru, Akhlak Siswa, Sopan Santun, Perilaku Hormat Pada Guru, Student Morals, Manners, Respectful Behavior towards Teachers

Abstract

The purpose of this study was to find out the analysis of the teacher's strategy in increasing the moral values of MIM Derasan Andong Boyolali students. This research uses a descriptive qualitative approach, conducted at MIM Derasan Andong Boyolali. Methods of data collection using observation methods, interview methods, and documentation methods. The data validation technique uses triangulation techniques. Analytical techniques with interactive analysis techniques which include data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the data analysis concluded that at MIM Derasan Andong Boyolali, through the exemplary method, the habituation method, the attention method, the warning method, and through subjects, namely: crafts, namely making tablecloths in groups, social values are cooperation and cohesiveness, social studies, namely remembering the services of the heroes and social problems, the social value is togetherness, Civics is freedom of organization and joint decisions, the social value is cooperation, and cohesiveness, responsibility and so on, Indonesian is writing about heroic stories, the social value is willing to sacrifice Penjasorkes through football games and kasti, the social value of cooperation, helping and cohesiveness is the Aqidah Akhlaq, namely adab associating with older people, the social value is harmony and togetherness, Fiqh, namely Infaq and praying five times a day, namely togetherness.

References

Amirudin, 2001, Karakter dalam tinjauan yuridis, Bandung, Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Kaelan. 2010. Kejujuran dalam pendidikan Karakter Bangsa Indonesia. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Semarang, 23 juni.

Lickona, 2011, Perbandingan pendidikan karakter dan Pendidikan Akhlaq, Yoyakarta, Pustaka pelajar

Maragustam,. 2014. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Gramedia widiasarana Indonesia.

Megawangi, Ratna. 2014. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: BPMGAS. 2007. Semua Berakar pada Karakter. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas

Ekonomi Universitas Indonesia.

Miles, B Matthew dan A. Michael huberman. 2012. Analisa Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, akbar, 2018, Perspektif Pendidikan krakter di sekolah dasar, bandung, Rosdakarya.

Munir, Abdullah. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Karakter anak sejak dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.

Musthofa,2015. Pembinaan, Arti dan Metodenya. Yogyakarta: Kanisius.

Narmoatmojo, Winarmo. Ekstrakurikuler di Sekolah. http://winarno.staff.fkip.uns.ac.id. Diakses tanggal 21 September 2022 pukul 12:31

Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler.

Permendiknas RI No. 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

Purnomo dan Belferik Manullang. 2015. Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa. Sumatera Utara: Lembaga Penerbit Universitas Negeri Medan.

Puskur Balitbang Kemdiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.

Puskur Balitbang Kemdiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta.

Sardiman, 2017, Pendidikan karakter sebuah tinjauan Aplikatif, bandung, Rodaskarya.

Setiardi, Dicky. 2010. Pendidikan Nilai Moral Anak Pada keluarga Buruh Wanita. Semarang: UNNES

Suharini, 2013. Pola pengasuhan anak dan implaksi psykologisnya, Surabaya, pustaka aji.

UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo. Mungin Eddy. 2010. Kejujuran Sebagai Basis Pengembangan Karakter Bangsa. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Semarang

Nashihin, H. (2017). Pendidikan Akhlak Kontekstual. CV. Pilar Nusantara.

Chairudin, M., Inayari, N. L., Hafidz, H., & Nashihin, H. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Al-Quran Surat Yusuf Ayat 13-20 Kajian Tafsir Al Misbah Karya M. Quraish Shihab. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 754-765.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Santoso, R., Subandono, J., & Fatimah, M. (2023). Analisis faktor-faktor penyebab rendahnya akhlak siswa di MI Muhammadiyah Derasan Andong Boyolali tahun pelajaran 2022/2023 . At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 644–658. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i4.415