MEMPERSIAPKAN GENERASI KHALIFAH ( TINJAUAN TERHADAP KEKHALIFAHAN ADAM AS DALAM SURAT AL BAQOROH AYAT 30-37)

Authors

  • Istiqomah Rahmawati
  • Moh. Ariz Iqramullah
  • Zulkarnain

DOI:

https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.56

Keywords:

Kholifah, Tanggung Jawab, Potensi, Responsibility, Potential

Abstract

Kholifah adalah kedudukan mulia, pangkat yang bermarwah, dan sebutan bagi seorang pemimpin yang bermartabat. Sebuah institusi dari yang kecil sampai yang besar tentulah membutuhkan pemimpin karena dialah motor penggerak atas sesuatu yang dipimpinnya. Dalam tubuh masing-masing pribadi maka pemimpin utamanya adalah hati, ketika hati itu dalam keadaan baik dan sehat maka dia akan menggerakkan segala potensi yang ada pada  tubuh itu kepada kebaikan dan kemaslahatan begitu pula jika hati itu dalam keadaan rusak ataupun sakit, maka dia tidak akan berfungfi maksimal, dan cenderung mengarah kepada kehancuran bahkan kematian sekalipun bagi tubuh yang dipimpinnya.Maka dari situlah kholifah yang baik adalah urgensi bagi siapa saja, keurgensian itu tentunya akan  berbanding lurus dengan jiwa tanggung jawab yang dimilikinya. Dengan tanggung jawab seorang pemimpin dapat mengatur dan mengantarkan rakyatnya menuju kehidupan yang baik, layak atau bisa disebut ideal. Kholifah yang baik adalah pemimpin yang menjadi cerminan rakyatnya dalam setiap gerak geriknya, dia adalah suri tauladan dan contoh serta figure yang patut diikuti dalam mengambil kebijakan serta menyelesaikan segala problematikanya. Oleh karena itu, menggali potensi dalam rangka memberi bekal menjadi pemimpin ideal adalah wajib bagi siapa saja yang menginginkan kehidupan yang teratur, damai, harmonis serta dinamis.

References

Ahmad Munir, Tafsir Tarbawi (mengungkap Pesan al-Qur’an Tentang Pendidikan), (Yogyakarta: Teras, Cet. I, November 2008).
Ahmad Warson Munawwir, Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap (Surabaya : Pustaka Progressif, Cet. I, 1984) .
Al-Qur’an dan Tarjamah Adz-Dzikr, (Solo: Penerbit Fatwa, 2016).
Ary Ginanjar, Rahasia Suksek Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Spiritual Quotient berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, (Jakarta: Arga Wijaya Persada, 2001).
Asrori, Tafsir Al-Asraar (Bahan Kultum Pengajian), (Yogyakarta: Daarut Tajdiid, Cet.I Juni 2012).
Fatkhur Rahman, Kejujuran Iblis Terhadap Rasulullah (Mojokerto: PT. Damai Banawa Semesta, Cet. I, 2020).
Hamdani Bakran Adz-Dzakiey, Propetic Intelligence; Kecerdasan Kenabian Mengembangkan Potensi Robbani Melalui Peningkatan Kesehatan Ruhani, (Yogyakarta : Pustaka Al-Furqon, Cet.III, 2007)
Husna Nashihin, Pendidikan Akhlak Kontekstual, (Semarang: CV. Pilar Nusantara, 2019).
Husna Nashihin, Character Education of Elderly Students Based on Pasan Tradition at Sepuh Islamic Boarding Shool Magelang. (IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application)), Vol. 3, Issue 1, 2020).
Ibnu ‘Arabi, Fushus Al-Hikam, Penerjemah. M. Sabrur Ali, (Yogyakarta: Diva Press, Cet. I, Oktober 2018).
Imam Nawawi, Terjemah Riyadhus Shalihin (Jakarta: Pustaka Amani, 1999).
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: ALFABETA, Cet. XIII, 2017).
Sarwadi, Islamic Boarding School and Community Empowerment, (International Journal of Education and Learning, Vol. 1, Issue 2, 2019).
Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) UMY, Gerbang Majalah Pendidkan, (Yogyakarta edisi 8 tahun II Februari 2003).

Downloads

Published

2021-07-18

How to Cite

Istiqomah Rahmawati, Moh. Ariz Iqramullah, & Zulkarnain. (2021). MEMPERSIAPKAN GENERASI KHALIFAH ( TINJAUAN TERHADAP KEKHALIFAHAN ADAM AS DALAM SURAT AL BAQOROH AYAT 30-37). At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.56

Issue

Section

Articles