Pengunaan Method One Day Five Ayat (Odfa) Agar Mampu Menaikan Hafalan Qur’an Pada Pondok Pesantren Ubay Bin Ka’ab Salo

Authors

  • herizon muhammad UIN SUSKA RIAU

DOI:

https://doi.org/10.51468/jpi.v5i001.133

Keywords:

Method One Day Five Verses (ODFA), Quran memorization, Islamic Boarding School

Abstract

Al-qur’an sebagai podoman menjalankan kehidupan seseorang dan sumber hukum pertama dalam syariat islam. Dengan al-qur’an manusia akan mendapatkan ketenangan dan ketentaram dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Peneliatian ini mengunakan penelitian kualitatif  yaitu penjelasan yang lebih mendalam mengenai teknik yang digunakan oleh peneliti. Mengunakan analisis kasus, pengambilan suatu data yang diteliti ini adalah interviu, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui dan menganalisis Pengunaan Method one day five Ayat (ODFA) agar mampu menaikan hafalan qur’an di Pondok Pesantren Ubay Bin Ka’ab Salo. 2) implikasi Method one day five Ayat (ODFA) agar mampu menaikan hafalan qur’an di Pondok Pesantren Ubay Bin Ka’ab Salo. Hasil penelitian menunjukan implementasi sudah berjalan dengan baik. dibuktikan dengan: mempeprbaiki bacaan al-qur’an, menetapkan target hafalan, dengan mengulang-ulang ayat yang sudah terhafalkan secara sempurna, serta melakukan evaluasi  dengan melihat kemampuan dan pencapaian santri Tahfizhul Qur’an. tentunya harapan guru, orang tua dan santri menginginkan ada penaikan hafalan sebagai wujud pencapaian target hafalan qur’an di Pondok Pesantren.

References

AH. Bahruddin. (2022). Al-qur’an dan Cara Menghafal (Issue 0). Eureka Media Aksara.

Amka. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Nizamia Learning Center.

Azis, R. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Sibuku.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. CV. Kaaffah Learning Center.

Hanafie Das, S. W., & Halik, A. (2019). Pendidikan Islam di Pondok Pesantren: Problematika dan Solusinya. Uwais Inspirasi Indonesia.

Hardani, dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.

Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran (Issue 0). Insan Cendekia Mandiri.

Hidayat, R. (2019). Buku Ilmu Pendidikan. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Izzan, A., & Agustin, H. F. (2020). METODE 4M: Tahfidz Al-Qur’an bagi Disabilitas Netra.

Kandir, N. (2021). Kisah Mengharukan Para Penghafal Al-Qur’an. Pustaka Syabab.

Kurniawan, A. (2022). Metodologi Studi Islam. CV. Agus Salim Press.

Lubis, L., & Asry, W. (2020). Ilmu Pendidikan Islam. Perdana Publishing.

Mulyono. (2018). Strategi Pembelajaran Di Abad Digital. CV. Andi Karya Mandiri.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing.

Nur’aini. (2021). Metode Pengajaran Agama Islam. In Bandung: Remaja Rosdakarya. Widia Bhakti Persada Bandung.

Rahmat Wibowo Sumarno, D. (2019). Buku Tahsinul Qur’an Universitas Ahmad Dahlan. Lembaga Pengambangan Studi Islam (LPSI) Universitas Ahmad Dahlan.

Ramadi, B. (2021). Panduan Tahfizh Qur’an. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Rifa’i, A. A. (2019). Pengantar Penelitian Pendidikan. Pps IAIN Sas Babel.

Robbani, A. S. (2021). MENGHAFAL AL- QUR ’ AN ( Metode , Problematika , dan Solusinya ,. Mujahid Press.

Sri Rejeki Murwati, I. S. (2022). Kompetensi pedagogik pendidik pada penilaian kognitif dengan platform pembelajaran Kahoot di Masa Covid 19. At Turots : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 191–205. https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.56

Tri Fahat Lukman Hakim, Rahmat, A. H. (2022). Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 199–205. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.71

Umar Sidiq, M. C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya.

Downloads

Published

2023-02-08

How to Cite

muhammad, herizon. (2023). Pengunaan Method One Day Five Ayat (Odfa) Agar Mampu Menaikan Hafalan Qur’an Pada Pondok Pesantren Ubay Bin Ka’ab Salo . At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(001), 195–205. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i001.133