KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PEMIKIRAN MUHAMMAD THALIB

Authors

  • H Hafidz Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.14

Keywords:

Pendidikan, Keluarga, Pemikiran

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk menggali pemikiran Muhammad Thalib berkaitan dengan pendidikan keluarga. Metode yang digunakan untuk mengungkap pemikiran Muhammad Thalib adalah metode interpretatif,yaitu metode yang mengandalkan karya tokoh kemudian dieksplorasi demi menemukan arti dari nuansa yang dimaksudkan oleh tokoh secara khas. Menurut Muhammad Thalib, cita-cita mewujudkan kemaslahatan umat dapat tercapai melalui maslahatnya unit terkecil dari masyarakat, yaitu keluarga. Keluarga maslahah ialah keluarga yang setiap anggota keluarganya mampu memahami hak dan kewajibannya setara dengan pemahamannya atas hak dan kewajiban orang lain. Pendidikan keluarga yang tepat dan benar berpotensi besar mencetak generasi berkualitas yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Pendidikan keluarga yang diusung Muhammad Thalib dikontribusikan untuk memberikan maslahah kepada masyarakat umum. Salah satu output dari pendidikan keluarga yaitu terwujudnya anak dengan watak dan perilaku mulia, insan shalih dan akram, serta manusia yang produktif.

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Hafidz , H. (2019). KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PEMIKIRAN MUHAMMAD THALIB . At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2 Desember), 170–196. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.14

Most read articles by the same author(s)