Implementation of Learning to Read and Write the Qur'an in Improving the Ability to Read the Qur'an in Madrasah Taklimiyah Awwaliyah Miftahul Huda Karawang Students
DOI:
https://doi.org/10.51468/jpi.v5i001.150Keywords:
BTQ, Kemampuan Membaca, Al-QuranAbstract
Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting diajarkan pada anak, mengingat membaca Al-Qur’an merupakan kemampuan utama mempelajari ilmu agama. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ); dan 2) peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) pada siswa kelas III Madrasah Taklimiyah Awwaliyah Miftahul Huda Karawang. Informan penelitian ini adalah guru BTQ dan siswa yang bersangkutan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode dengan bahan referensi.Hasil penelitian menunjukkan dalam mengimplementasikan pembelajaran BTQ pada siswa kelas III Madrasah Taklimiyah Awwaliyah Miftahul Huda Karawang, guru menerapkan strategi pembelajaran ekspositori dan strategi inkuiri sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan yang berpusat pada siswa (student centered approach) dan pendekatan yang berpusat pada guru (teacher centered approach). Metode pembelajaran yang digunakan variatif, yaitu metode drill, metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode demonstrasi sesuai dengan metode Iqra’. Hasil belajar dari pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas III Madrasah Taklimiyah Awwaliyah Miftahul Huda Karawang menunjukkan adanya peningkatan. Pada awal pembelajaran kemampuan membaca Al-qur’an siswa secara klasikal menunjukkan Cukup (39,74). Kemudian pada tahap akhir, setelah 5 atau 6 pertemuan dilakukan evaluasi dan secara klasikal menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam membaca Al-Qur’an dengan kategori baik (63,25). Jika sebelumnya banyak yang belum bisa membaca Al-Qur’an, bahkan belum mengenal huruf hijaiyah tapi sekarang sudah meningkat dan bisa membaca Al-Qur’an.
References
Al, K. et. (2019). Implemetasi Pendidikan Nonformal Santriwati yang bersekolah Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Anwarul Halimy Lombok Barat. Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan Volume, 9(1), 50–56.
Alang, S. (2015). Urgensi Diagnosis Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Al-Irsyad Al-Nafs : Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.24252/aian.v2n1a1
Antartika, Mz, A. B., & Hamid, A. (2020). Prosedur Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(3), 1–14.
Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79
Farhan, F., & Suhartini, A. (2022). MASJID SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN NON FORMAL. AL-QALAM Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 14(1), 46–57. https://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/al-qalam%0A
Fazalani, R., Tabroni, I., Syafruddin, S., Hamirul, H., Diana, E., Alfiyanto, A., & Hidayati, F. (2022). Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Minat Anak Dalam Membaca Al-Qur’an Selama Pandemi Covid-19. Indonesia Berdaya, 3(3), 595–604. https://doi.org/10.47679/ib.2022271
Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631–1638.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Handayani, T. (2011). Membangun Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kualitas Dalam Proses Belajar Mengajar. Ta’dib, 16(02), 273–302. https://doi.org/10.19109/tjie.v16i02.64
Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532
Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 189–205. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1045
Mahmudin, W. (2019). Problematika Pembelajaran Al-Qira`Ah Dan Solusi Pemecahannya. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 135–162. https://doi.org/10.47971/tjpi.v1i1.103
Makbul, M. (2021a). AL-QUR’AN INSIGHTS ABOUT MUSYAWARAH ( A Study of Maudhu ’ iy Commentary on Deliberation). Jurnal Diskursus Islam, 9(August), 102–113.
Makbul, M. (2021b). The Effect of Academic Procrastination on Learning Acheivement of Islamic Religious Education Students At SMAN 5 Makassar. International Journal of Islamic Studies Is a Journal of Islamic Studies, 1(20), 27–36.
Mulia, E., Zakir, S., Rinjani, C., & Annisa, S. (2021). Kajian Konseptual Hasil Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhinya Pendahuluan Pendidikan mempunyai peranan penting dalam menentukan masa depan bangsa . Pendidikan yang berkualitas dapat ditempuh melalui Sekolah Dasar , Sekolah Men. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 137–156. https://test.journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/2648/1305
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Putri, R. R. (2020). Transformasi Sistem Pendidikan Salafiyah Menjadi Sistem Khalafiyah Di Pondok Pesantren an-Nur Bululawang Malang Tahun 1968 …. Avatara, 9(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/33764
Suharsimi Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Susandi, A. (2020). Pendidikan Life Skills dalam Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Sekolah Dasar: educational life skills; Islamic religion values; primary school. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 95–111. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/3867
Syaifullah, A., Rahmah, F. M., Salamah, F., & Srisantyorini, T. (2021). Penerapan Ilmu Tajwid dalam Pembelajaran Al-Qur’an untuk Mengembangkan Bacaan Al-Qur’an. Artikel, 1–4.
Thaitami, S. H., Giatman, G., Ambiyar, A., Jalinus, N., Syahril, S., & Wakhinuddin, W. (2021). Model Context, Input, Process, and Product (CIPP) pada Career Development Center (CDC) untuk Evaluasi Program Layanan Informasi Karir SMK. Mimbar Ilmu, 26(2), 309. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36226
Uslimah, A. (2006). Evaluasi Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SMA. In Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.21831/pep.v8i1.2015
Zaenudin, Lc., M. (2015). Pembaharuan Sistem Pendidikan Islam. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(Desember), 1–16.













