TUNTUTAN DAN PENGEMBANGAN STUDI ISLAM DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Indah Maysela Azzahra
  • Mahmud Arif

DOI:

https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.57

Keywords:

Demands and Development, Islamic Studies, College.

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan dan mengetahui makna studi Islam di perguruan tinggi, untuk menjelaskan dan mengetahui tuntutan studi Islam di perguruan tinggi, dan untuk menjelaskan dan mengetahui pengembangan studi Islam di perguruan tinggi. Metode penelitian ini digolongkan ke dalam jenis penelitian studi pustaka atau literature. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  perguruan tinggi yang paling kompleks dalam memberikan studi islam bagi masyarakat khususnya pada mahasiswa yaitu perguruan tinggi islam, seperti UIN/ IAIN/STAIN/STAIS. Setiap fakultas dan jurusan yang ada diperguruan ke-Islaman ini sudah menerapkan kajian-kajian ke-Islaman di samping dari mata kuliah wajib program studi. Pengenalan atau orientasi studi keislaman di perguruan tinggi Indonesia tidak hanya sebatas di negara Indonesia saja tetapi juga meneliti pada dunia Timur dan Barat. Pendekatan yang digunakan dalam mengkaji islam pada perguruan tinggi di Indonesia yaitu menggunakan lebih dari satu pendekatan yaitu menggunakan berbagai pendekatan seperti normative, historis, sosiologis, empiris, filosofis, Integratif, Interkonektif, fenomenologis, dan tipologis

References

Amin Abdullah. (2006). Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aminuddin, M. Y. (2019). Perubahan Status Kelembagaan pada Perguruan Tinggi Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Indonesia. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(1).
Azra, A. (1999). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.
Azra, A. (2014). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengan Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana.
Anam, S. dkk. 2021. Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Semesta Aksara.
Ekawati, E., Suparta, M., & Sirin, K. (2018). Moderasi Kurikulum Perguruan Tinggi Islam Dalam Deradikalisasi Agama Di Indonesia. Istiqro, 16(01).
Fananie, Z. (1999). Pengembangan Model Studi Islam di Indonesia, dalam Studi Islam Asia Tenggara. Surakarta: UNMUH Surakarta.
Hartono, H. (2018). Strategi Pengembangan Perpustakaan Digital Dalam Membangun Aksesibilitas Informasi: Sebuah kajian teoritis pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 8(1).
Husna, N. 2020. Analisis Wacana Kebijakan Pendidikan (Konsep dan Implementasi). Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Ikhwan, A. (2016). Perguruan Tinggi Islam dan Integrasi Keilmuan Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 5(2).
Jamal, N. (2017). Model-Model Integrasi Keilmuan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. KABILAH: Journal of Social Community, 2(1).
Kurniasih, A. (2013). Pendekatan Studi Islam di Perguruan Tinggi Islam. Jurnal As-Salam, 3(1).
M. Atho Mudzhar. (2002). Pendekatan Studi Islam dalam Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi pendidikan Islam di era 4.0. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2).
Rohman, M., Syahril, S., & Fauziyati, D. (2018). Masa Depan Studi Islam Di Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Sebuah Tinjauan Filosofis-Yuridis). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 16(2).
Rohmatika, R. V. (2019). Pendekatan Interdisipliner dan Multidisipliner Dalam Studi Islam. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 14(1).
Sarwadi, Islamic Boarding School and Community Empowerment, (International Journal of Education and Learning, Vol. 1, Issue 2, 2019).
Wardani. (2016). Agenda Pengembangan Studi Islam di Perguruan Tinggi: Mempertimbangkan Berbagai Tawaran Model Integrasi Ilmu. Khazanah Jurnal Studi Islam Dan Humaniora.

Downloads

Published

2021-07-18

How to Cite

Indah Maysela Azzahra, & Mahmud Arif. (2021). TUNTUTAN DAN PENGEMBANGAN STUDI ISLAM DI PERGURUAN TINGGI . At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1 Juni), 9–20. https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.57