Media pembelajaran komprehensi tulis berbasis flash Pasca pandemi covid-19

Authors

  • Ariesty Fujiastuti Universitas Ahmad Dahlan
  • Dedi Wijayanti Universitas Ahmad Dahlan
  • Sudarmini Sudarmini Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.51468/jpi.v3i2.77

Keywords:

media, komprehensi Tulis, Flash, Pandemi Covid 19

Abstract

Kendala yang terjadi saat proses pembelajaran pandemi covid 19 yang dilakukan secara daring yaitu mahasiswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran karena dosen hanya menjelaskan teori menggunakan PPT kemudian dilanjutkan dengan pemberian tugas. Seharusnya dosen memiliki media pembelajaran yang berisi materi dalam satu semester dan dapat dilakukan secara mandiri. Media yang dapat menarik perhatian mahasiswa yaitu media flash. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengembangan media pembelajaran Komprehensi Tulis berbasis Flash untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan metode research and Develompent (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil uji validasi ahli materi dan media dapat dinyatakan bahwa media Komprehensi Tulis termasuk dalam kategori sangat layak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Komprehensi Tulis sudah dapat diimplementasikan ke mahasiswa.

References

Afriani, L., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash CS6 untuk Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2141–2148.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
E. Mulyatiningsih. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.
Farida Hasan Rahmaibu, Farid Ahmadi, F. D. P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Jurnal Kreatif, 1–10.
Fujiastuti, A. (2016). Pemanfaatan teknologi informasi dengan aplikasi flash pada pembelajaran menyimak dalam kurikulum 2013. 271–360.
Fujiastuti, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran retorika berbasis ARCS dengan aplikasi flash. Prosiding SAGA, 16–24.
Giri Prasetyo, L. D. P. (2016). Pengembangan adobe flash pada pembelajaran tematik-integratif berbasis scientific approach subtema indahnya peninggalan sejarah. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 54–66.
Heru Supriyono, Endah Sudarmilah, Umi Fadilah, Endah Tri Rahayu, A. P. (2015). Rancang bangun media pembelajaran bahasa dan huruf Jawa berbasis adobe flash CS6. The 2nd University Research Coloquium, 1–9. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/6851
Mahnun, O. N. (2012). MEDIA PEMBELAJARAN ( Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran ). Jurnal Pendidikan Islam, 37(1), 27–35.
Manurung, P. (2020). Pengembangan Media pembelajaran Berbasis E-book di Masa Pandemi Coid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2859(2), 197–203.
Mardhatillah, E. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pengembangan media pembelajara berbasis macromedia flash untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di SD kelas II Negeri Paya Peunaga kecamatan Meurebo. Bina Gogik, 5(1), 91–102.
Murtafiah, M., Masrura, S. I., & Saharuddin, S. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantukan Adobe Flash di Masa Pandemi Covid-19. Saintifik, 7(2), 161–166. https://doi.org/10.31605/saintifik.v7i2.338
Nur Lailiyah, W. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Untuk Pembelajaran Keterampilan Menuliskan Kembali Cerita Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(7), 1150–1159.
Pribadi, B. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Dian Rakyat.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Rusdy A Siroj, R. I. I. P. (2010). Bahan Ajar Kesebangunan Dan Simetri Berbasis Contextual Teaching and Learning (Ctl) Menggunakan Macromedia Flash Di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–52. https://doi.org/10.22342/jpm.4.1.310.
Sidik, & Susilowati. (2013). Desain Media Edukasi Animasi Interaktif Cara Pemanfaatan Limbah Sampah Berbasis Macromedia Flash 8. Jurnal Techno Nusa Mandiri, X(No.1. Sepetember), 195–206.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian&Pengembangan Research and Development Untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik. Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca:Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Wirawati, D., & Rahman, H. (2020). Pengembangan Buku Ajar Komprehensi Tulis Berorientasi Nilai-Nilai Karakter Islam (Analisis Kebutuhan). Kode: Jurnal Bahasa, 9(4), 72–83. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i4.22030

Downloads

Published

2022-01-11

How to Cite

Fujiastuti, A., Wijayanti , D. ., & Sudarmini, S. (2022). Media pembelajaran komprehensi tulis berbasis flash Pasca pandemi covid-19 . At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2 Desember), 182–187. https://doi.org/10.51468/jpi.v3i2.77