Urgensi Belajar dalam Surah Al-‘Alaq Ayat 1-5 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir

Authors

  • Rabiatul Adawiah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta
  • Qiyadah Robbaniyah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51468/ijer.v1i1.474

Keywords:

study, Surah Al-'Alaq, Tafseer Ibn Kathir

Abstract

Surah Al-‘Alaq ayat 1-5 adalah wahyu pertama yang diturunkan oleh Allah Ta’ala kepada Nabi Muhammad ﷺ yang menjelaskan pentingnya belajar dalam kehidupan manusia, yang dapat dipahami lebih dalam dengan menggunakan ilmu tafsir. Tafsir Ibnu Katsir adalah kitab tafsir yang sangat fenomenal di kalangan para ulama, bahkan tafsir Ibnu Katsir dijadikan sebagai rujukan utama para mufassir di berbagai negara termasuk Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna perintah belajar dalam surah Al-‘Alaq. Penelitian ini menggunakan pendekatan dekstriptif-analitik yang termasuk ke dalam penelitian kepustakaan atau library research yang menjadikan bahan-bahan pustaka sebagai sumber data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis isi atau content analysis. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa surah Al-‘Alaq ayat 1-5 adalah surah berisi perintah Allah kepada manusia untuk membaca yang secara tidak langsung memerintahkan manusia untuk belajar, Allah juga mengajarkan manusia menulis untuk mengikat ilmu, serta terdapat kandungan tauhid pada surat tersebut yang menyebutkan bahwa Allah menciptakan manusia dari ‘alaq agar manusia mengenal siapa Tuhan mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Allah memerintahkan manusia untuk belajar dan menuntut ilmu yang dengan ilmu tersebut manusia mendapatkan rahmat Allah dan kedudukan yang tinggi di sisi Allah.

References

Ad-Dimasqi, Abu Fida Al-Hafiz Ibn Katsir. Tafsir Alqur’an al-‘Adzim, Jilid 4, (Beirut: Dar al-

Fikr, T.th.)

Ad-Dimasyqi, Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi. Al-Majmu’. Pustaka Azzam:

Jakarta (2009)

Al-Qattan, Syaikh Manna. Pengantar Studi Ilmu Qur’an, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2013)

Al-Qazwini, Abu Abdillah Muhammad Ibn Yazid. Sunan Ibnu Majah, (Beirut: Dar al-Fikr,

Amatullah, Raihana Salma, dkk. “Konsep Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an: Studi Analisis

Tafsir Ibnu Katsir”. Ulumul Qur’an: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (September

Vol. 3 No. 2

Anwar, Rosihon. Melacak Unsur-unsur Israiliyat dalam Tafsir Ath-Thobari dan Tafsir Ibnu

Katsir (Bandung: Pustaka Setia, 1999)

Ar-Rifa’i, Muhammad Nasib. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 4, (Jakarta: Gema Insani,

At-Tabataba’i Muhammad Husain. Al-Mizan fii Tafsir Alqur’an Juz 10, (Beirut: Lebanon,

T.th.)

Departemen Agama RI, Terjemahan Al-Quran

Ghoffar, Muhammad Abdul, dkk., Terjemah Tafsir Ibnu Katsir (Bogor: Pustaka Imam Asy-

Syafi’i)

Ghofur, Saiful Amin. Mozaik Mufassir Al-Qur’an dari Klasik hingga Kontemporer

(Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2003)

Harianto, Erwin. “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa” Didaktika: Jurnal

Kependidikan (Februari 2020) Vol. 9 No. 1

Heriyudanta, Muhammad. “Analisis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah di Indonesia”

Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies (2021) Vol. 1 No. 1

Idris, Syarif. “Sejarah Perkembangan Ilmu Tafsir” Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan

Kemanusiaan Vol. 3, no. 2, Oktober (2019)

Izzan, Ahmad. Metodologi Ilmu Tafsir (Bandung: Tafakur 2020)

Jul Hendri: Ibn Katsir;Telaah Tafsir Al-Quranul Azim Karya Ibn Katsir. Jurnal Nuansa

(Desember 2022), Vol. XIV, No. 2

Karim, Abdullah. Ilmu Tafsir Imam As-Suyutiy (Banjarmasin: Centre for Community

Development Studies (COMDES) 2005)

Lubis, Lahmuddin dan Wina Asry, Ilmu Pendidikan Islam (Medan: Perdana Publishing 2020)

Mu’min, Ma’mun, Metodologi Ilmu Tafsir (Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta 206)

Munirah. Petunjuk Al-Qur’an Tentang Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan (Juni,

Vol. 9 No.1

Murtaza, Ahmad, dkk., Tafsir Pendidikan Islam dalam Tafsir Al-Burhan Karya Abdul Karim

Amrullah (Analisis QS. Al-‘Alaq: -5). Al-Kawakib: Jurnal Kajian Keislaman (2023)

Vol. 4, No. 1

Nashihin, Husna. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia: Katalog dalam Terbitan (KDT)

Pendidikan Akhlak Kontekstual (CV Pilar Nusantara: Semarang, 2017)

Urgensi Belajar dalam Surat Al-‘Alaq Ayat 1 – 5 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir

IJER : Indonesian Journal of Educational Research, Vol. 1, No. 1, Maret 2024 | 51

Nasution, Abd Haris dan Muhammad Mansur. “Studi Kitab Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azim Karya

Ibnu Katsir”. Jurnal Ushuluddin Adab dan Dakwah Vol. No. 208

Nata, Abuddin, Pendidikan dalam Perspektif Al-Quran (Jakarta: PT Kharisma Putra Utama

Nurjan, Syarifan. Psikologi Belajar (Ponorogo: Wade Group, 2016)

Parni. “Konsep Belajar Menurut Islam”, Educational Journal; General and Specific Research

(Februari 2023) Vol. 3 No. 1

Roziqin, Muhammad Zainur. Moral Pendidikan di Era Global; Pergeseran Pola Interkasi Guru-

Murid di Era Global (Malang: Averroes Press, 2007)

Rumondor, Prasetio dan Ahmad Putra, “Integrasi Interkoneksi Esensi Pendidikan Islam dalam

Pembelajaran Sains” Conference : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Vol. 2 (2020)

Sari, Riana Ratna. “Islam Kaffah Menurut Pandangan Ibnu Katsir”. Ishlah; Jurnal Ilmu

Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Jilid No. 2 (Desember 2019)

Sarwadi dan Husna Nashihin: Character Education between The Western Context and Islamic

Perspective. Al-Hikmah : Journal of Education (2023) Vol. 4 No. 1

Sofyan, Muhammad. Tafsir Wal Mufassirun (Perdana Publishing: Medan, 2005)

Sunani, Eneng. “Urgensi Belajar Menurut Al-Qur’an Kajian Surat Al-Alaq Ayat -5 (Studi

Tafsir Ibnu Katsir Dan Tafsir Al-Misbah)”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman

(Desember 2023) Vol. 3 No. 3

Sunaryanto, “Membaca Ulang Metodologi Tafsir Ibnu Katsir dalam Menafsirkan Al-Qur’an”.

Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Vol. 6 No. 7, 2022

Tim Penyusun MKD, Bahan Ajar Studi Al-Qur’an (Surabaya: UIN Sunan Ampel Press, 2018)

Downloads

Published

2024-05-01