Menangani Kendala Dalam Pembelajaran Bahasa Arab:Perspektif Aspek Nahwu di Kelas XII Agama 1 Madrasah Aliyah

Authors

  • Fajar Nor Fajar Stitmadani Yogyakarta
  • Sugeng Priyanto STIT Madani Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51468/ijer.v1i1.567

Abstract

 

Kendala dalam proses belajar nahwu menjadi tantangan yang perlu diatasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menyoroti problematika tersebut dengan menerapkan metode observasi dan wawancara terhadap siswa, guru, dan kepala sekolah. Hasil wawancara menunjukkan empat faktor utama yang memengaruhi pembelajaran, yaitu faktor siswa, guru, sarana dan prasarana, serta perangkat pembelajaran. Kendala-kendala tersebut meliputi kurangnya minat dan motivasi siswa, kelelahan siswa, kurangnya pengulangan materi di luar jam sekolah, kurangnya penguasaan kosakata bahasa Arab, serta keterlambatan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penanganannya melibatkan berbagai strategi seperti meningkatkan motivasi siswa, memperkuat pengulangan materi, meningkatkan penguasaan kosakata, serta meningkatkan kedisiplinan siswa. Selain itu, perbaikan juga diperlukan dalam hal kedisiplinan waktu mengajar guru, peningkatan sarana dan prasarana kelas, serta penyusunan perangkat pembelajaran yang lebih komprehensif. Solusi yang diusulkan termasuk pengawasan melekat terhadap kedisiplinan guru, meningkatkan pengelolaan fisik kelas, dan penyusunan perangkat pembelajaran yang lebih terstruktur. Pelatihan dan pembinaan juga dianggap penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Dengan demikian, penanganan masalah-masalah ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran nahwu di Madrasah Aliyah.

References

Arsyad, M. Husni. “Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan

Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa.” Shaut Al Arabiyyah 7, no. 1

(2019): 13. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.8269.

Biologi, Jurnal Pendidikan, IPA Ditinjau, Dari Hasil, Belajar Kelas, IV Sd, and Negeri Apundi.

“Biogenerasi” 9, no. 1 (2024): 694–99.

Dr. J.R. Raco, M.E., M.Sc. “Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, Dan

Keunggulannya.” PT Grasindo, 2010, 146. https://osf.io/mfzuj/.

H. Rifa’i, Abubakar. Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press, 2021.

Hayati Tatoe. “Peningkatan Kedisiplinan Guru Dalam Kehadiran Megajar Di Kelas Mealalui

Supervisi Kepala Sekolah Pada SMA Negeri 2 Bangko Kabuapten Rukan Hilir.”

Perspektif Pendidikan Dan Keguruan 7, no. 1 (2020): 283.

Makinuddin, Mohammad. “Membangun Mutu Pembelajaran Bahasa Arab.” MIYAH: Jurnal

Studi Islam 19, no. 1 (2023): 31–41.

Muhammad Rizal Pahleviannur, S.Pd., Anita De Grave, S.E., M.Si., Dani Nur Saputra, S.Pd,

M.Sn., Dedi Mardianto, S.E., M.E, M.Si Ns., Debby Sinthania, S.Kep., M.Kep., Lis

Hafrida, S.Pd, M.Si., Vidriana Oktoviana Bano, S.Si., M.Pd., Eko Edy Susanto, SE.,

M.Ak., Dr. Ardhana Januar Mahardhani, M.KP. Dr. Amruddin, S.Pt., M.Pd., M.Si.,

Mochamad Doddy Syahirul Alam, SE., M.T. Mutia Lisya, S.T., and M.Pd. Dasep Bayu

Ahyar. Metodologi Penelitian Kualitatif. Deepublish, 2023.

https://penerbitdeepublish.com/instrumen-penelitian/.

Pratama, Nanda, Muhammad Syafii Tampubolon, and Khanafi Khanafi. “Problematika

Pembelajaran Mahasiswa Lulusan Sekolah Umum Pada Program Studi Pendidikan Bahasa

Arab Di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan

Sains Islam Interdisipliner 1, no. 2 (2022): 117–24. https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i2.45.

Sahir, Syafrida Hafni. Metodologi Penelitian, 2022.

Susiawati, Iis, Zulkarnain Zulkarnain, Wiena Safitri, and Dadan Mardani. “Pembelajaran

Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah (Tinjauan Pada Kompetensi Guru Dan Model

Pembelajaran).” El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 21, no. 1 (2022): 101–16.

https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v21i1.4757.

Wardani, W K, and R A Kandea. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa

Arab Siswa Kelas IX H Di Salafiyah Wustha Islamic Center Bin Baz Yogyakarta.” …

(Jurnal Inovasi Pembelajaran … 1, no. 3 (2023): 969–78.

https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/123.

Downloads

Published

2024-12-19