Pengaruh Metode Bubble Mind Mapping Terhadap Kosakata Bahasa Arab Di Madrasah Salafiyah Wustho Islamic Center Binbaz
DOI:
https://doi.org/10.51468/ijer.v1i1.660Keywords:
Arabic, Bubble Mind Mapping , Method, VocabularyAbstract
Pembelajaran bahasa Arab, siswa diajarkan menghafal kosakata (mufrodat) melalui metode tradisional yang seringkali menimbulkan kejenuhan. Untuk mengatasi hal ini, metode bubble mind mapping diperkenalkan sebagai cara efektif dan kreatif dalam mengajar kosakata. Bubble mind mapping membantu mengelompokkan ide dan meningkatkan daya ingat serta kreativitas siswa. Islamic Center Binbaz Putri Yogyakarta mengimplementasikan metode ini untuk mengatasi kendala dalam pengajaran kosakata bahasa Arab, terutama mengurangi kejenuhan siswa. Penelitian di lembaga ini menunjukkan metode bubble mind mapping efektif meningkatkan pemahaman kosakata Arab siswa kelas VII.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen desain "one shot case study". Sampel penelitian adalah 40 siswa dari 70 siswa kelas VII di Madrasah Salafiyah Wustho Islamic Center Binbaz Putri Yogyakarta, dipilih menggunakan random sampling. Instrumen diuji validitasnya dengan 15 indikator, di mana 12 soal dinyatakan valid dan 3 tidak valid.Instrumen diuji dengan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,784, menunjukkan reliabilitas yang tinggi.Setelah diuji, data menunjukkan nilai rata-rata posttest yang signifikan. 0,200 (>0,05). Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t one sample t-test, hasilnya menunjukkan signifikan 0,001 (<0,05), sehingga hipotesis alternatif diterima. Ini menunjukkan pengaruh signifikan metode bubble mind mapping terhadap kosakata bahasa Arab siswa.
References
A, Falah. Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Mind Map Untuk Meningkatkan Pemahaman Bahasa Arab Pada Tingkat Madrasah. jurnal iain kudus, 6, No.1 (2014): 67. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Arabia/article/viewFile/1399/1273
Fu'adah, Shofwatul. “KitaLulus.” Lahjah Arabiyah | Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 1 (Januari 2021.): 31 - 32.
Haironi, Adi, Triana Hermawati, and Suyono Umar. “Metode Pembelajaran Berbasis Quantum Learning Di Pondok Pesantren Yatim Dan Dhuafa Ar. Fakhruddin Prambanan.” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (Juni): 2021.
Kosim, Abdul. “Nama-Nama Pesantren di Bandung Raya.” Kajian Sosiolinguistik 2 (1). 2021.
Laras Pertiwi, Rizkyana W., and Nuhla T. Tsaqifah. “Analisis Kemampuan Berbahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Jamilurahman As-Salafy Putri Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023.” Mutiara 1, no. 1 (Juli 2023): 156.
N. A, Gumilang. Pengertian Mind Mapping: Manfaat, Jenis, Teori dan Langkah Membuatnya. N.p.: Gramedia, 20 Desember 2021. https://www.gramedia.com/best-seller/pengertian-mind-mapping/
N. M, Shofa. “Mind Mapping: Pengertian, Jenis, Manfaat, Cara Membuatnya.” KitaLulus., (Mei 2023).
Pujianti, Skripsi: “Pengaruh Mind Map Terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII di MTs NU Darul Huda Wilo Ketanireng Prigen” (Pasuruan:Universitas Yudharta Pasuruan,2019)
Riduwan. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta, 2009.
Robbaniyah, Qiyadah. “Learning Arabic for Special Class Quarantine Madrasah Aliyah Islamic Center Bin Baz Islamic Boarding School.” EDUFEST 2 (2023).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2022.