Pengaruh Penggunaan Metode Bin Baz Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santriwati Kelas 4 SU Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta

Authors

  • Umaimah STIT Madani Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51468/ijer.v2i1.946

Abstract

This Study aims to determine the effect of using Metode Bin Baz on the ability to read the Qur’an of grade 4 female students at SU Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. The background of this study is based on the importance of reading the Qur’an with tartil, namely according to the rules of tajwid. To obtain this ability, learning to read the Qur’an is needed, using an appropriate method to facilitate the learning process. SU Putri Islamic Centre Bin Baz has used Metode Bin Baz as its learning method since 2021. Therefore, research needs to be conducted to see if there is an effect using this method. This study uses an associative quantitative approach with data cpllection techniques in the form of questionnaires and tests. The sampling technique used was the total sample with 39 respondents un grade 4 female students. Based on a simple linear regression analysis, it shows that there is a significant effect of Metode Bin Baz on grade 4 female students at SU Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. This is indicated by the p-value or sig. of 0,00. The p-value (Sig.) is less than 0.05, so the Ha hypothesis is accepted. The reading ability of female students is 38,5% determined by Metode Bin Baz used and the remaining 61,5% is determined by othe factors.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Bin Baz terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santriwati kelas 4 di SU Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh pentingnya membaca Al-Qur’an dengan tartil yaitu sesuai kaidah tajwid. Untuk mendapatkan kemampuan itu dibutuhkan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode yang sesuai untuk memudahkan proses pembelajaran. SU Putri Islamic Centre Bin Baz telah menggunakan Metode Bin Baz sebagai metode pembelajarannya sejak tahun 2021. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk melihat apakah ada pengaruh penggunaan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan tes. Teknik sampling yang digunakan adalah total sample dengan responden adalah 39 santriwati kelas 4. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Metode Bin Baz yang signifikan terhadap santriwati kelas 4 SU Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan p-value atau sig. sebesar 0,00. Nilai p value (Sig.) lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis Ha diterima. Kemampuan membaca santriwati 38,5% ditentukan oleh Metode Bin Baz yang digunakan dan sisa 61,5% ditentukan oleh faktor lain.

References

Nurhanifah. “Urgensi Pendidikan Al-Qur’an: Kajian Problematika Ketidakmampuan Membaca Al-Qu’an dan Solusinya.” JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research 2, no. 1 (2023): 102–14. https://doi.org/10.56921/jumper.v2i1.73

Ayu Armadhy Putri, Syafira, dan Munawir Pasaribu. “Cara Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al Quran Melalui Metode Baghdadiyah Di Kelas VIII-1 SMP Al Washliyah 30 Medan.” Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 02 (2023). https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/pkm.

Kementerian Agama Republik Indonesia. “Survei Kemenag: Indeks Literasi Al-quran Kategori Tinggi.” Kementerian Agama RI, 2023. https://kemenag.go.id/nasional/survei-kemenag-indeks-literasi-al-qur-an-kategori-tinggi-w0A7W.

Prianto, Sugeng, Darwin Hamisi, dan Evi Octaviana. “Metode Pendidikan Agama Islam dalam Al-Quran.” At-Turots: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 02 (2020). https://journal.stitmadani.ac.id/index.php/JPI/about.

Swaid, Ayman Rusydi. Syarh Mandzumah Al-Muqaddimah. Vol. 1. Turki: Dar Al-Ghawtsani lil Dirasat Al-Qur’aniyah, 2019.

Robbaniyah, Qiyadah, dan Roidah Lina. “Konstribusi Pemikiran Abu Nidà dalam Pengembangan Pendidikan Islam Pondok Pesantren di Indonesia.” JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Islam Interdisipiner 1, no. 1 (2022). https://journal.amorfati.id/index.php/JIPSI.

Robbaniyah, Qiyadah, Roidah Lina, Adi Haironi, dan Hanifah. “Inovasi Pembelajaran Tahfidzul Quran di Pesantren Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta.” Shibghoh: Prosiding Ilmu Pendidikan UNIDA Gontor 1 (2023). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/shibghoh

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan). Disunting oleh Apri Nuryanto. 3 ed. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2023

Downloads

Published

2025-06-28