Strategi pembelajaran sejarah pendidikan islam berbasis HOTS di fakultas agama Islam Universitas Muslim Indonesia Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.51468/jpi.v5i1.249Keywords:
strategi pembelajaran, sejarah pendidikan islam, hotsAbstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis strategi pembelajaran Sejarah Pendidikan Islam di Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia (UMI) Kota Makassar (2) untuk menganalisis strategi pembelajaran Sejarah Pendidikan Islam berbasis HOTS di Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia (UMI) Kota Makassar dan (3) untuk mengevaluasi hambatan yang dihadapi oleh dosen dalam proses pembelajaran Sejarah Pendidikan Islam di Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia (UMI) Kota Makassar. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data menggunakan triangulasi, pelaksanaan kegiatan, kegiatan yang dilakukan serta implementasi HOTS dan observasi pembelajaran secara langsung di kelas Pendidikan Agama Islam A1, A2 dan B1 yang kemudian dilakukan analisis data dari buku maupun jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: strategi pembelajaran yang digunakan dalam menarik minat mahasiswa dalam mempelajari Sejarah Pendidikan Islam di Program Studi Pendidikan Agama Islam UMI yaitu melalui HOTS. Selain itu dalam proses pembelajaran Sejarah Pendidikan Islam tersebut mahasiswa dituntut agar bisa memiliki kecakapan komunikasi yang baik dalam proses pembelajaran, kolaborasi yang baik dan kreatifitas yang harus terus ditingkatkan, di dalam kelas PAI A1, A2 dan B1 dosen menerapkan strategi pembelajaran aktif, kooperatif, kontruksivistik, problem solving, terpadu, CTL dan strategi lingkungan, adapun beberapa orang masih kurang aktif namun proses diskusi masih tetap didominasi oleh mahasiswa yang aktif dan proses pembelajaran berjalan dengan baik.Pada proses pembelajaran Sejarah Pendidikan Islam dalam mengajar sejarah terdapat hambatan yang dirasakan oleh dosen yaitu ada beberapa mahasiswa yang ragu dan kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat serta masih minimnya literatur yang digunakan dalam mencari materi Sejarah Pendidikan Islam.
References
Abdussamad, Zuchri (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press. ISBN 978-623-97534-3-6.
Cecep Gaos (2020). “Edu News: Panduan Penulisan Soal HOTS yang Perlu Guru Ketahui (higher order thinking skills)”.
Djamarah Bahri Syaiful dalam buku Purwanto Sigit (2021). Strategi Pembelajaran, Jawa Tengah: CV. Eureka Media Aksara.
Dwi Muthia Ridha Lubis, Elawati Manik & Nirwana Anas (2021). “Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan)”, Jurnal Islamic Education, no. 2 (68) https://doi.org/10.57251/ie.v1i2.72.
Dyah Werdiningsih (2022). “Pembelajaran Kolaboratif dan Kooperatif sebagai Pembelajaran Kontruktivisme dan Pembelajaran Aktif”, Universitas Islam Malang (71).
Ida Bagus Putu Arnyana (2019). “Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (communication, collaboration, critical thinking dan creative thinking)” Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA yang diselenggarakan oleh Universitas PGRI Banyuwangi, E-ISSN: 2714-5816.
J. Suyuthi Pulungan (2019). Sejarah Peradaban Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kaif Hermansyah Sitti, Fajrianti & Satriani (2022). Strategi Pembelajaran (Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang Dapat Diterapkan Guru), Surabaya: Inoffast Publishing.
Lufri, Ardi, Relas Yogica, dkk (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: CV. IRDH.
Muhammad Hasan, Ade Ismail Fahmi, Nurhasana Siregar dkk (2021). Pengelolaan Lingkungan Belajar.
Muhammad Taufiqurrahman (2023). “Pembelajaran Abad-21 Berbasis Kompetensi 4C di Perguruan Tinggi”, Jurnal of Islamic Religious Instruction”, no. 1 (82) https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.77-89.
Ni Putu Yuniarika Parwati & I Nyoman Bayu Pramartha (2021). “Strategi Guru Sejarah dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia di Era Society 5.0” Jurnal Pendidikan, no. 1 (149).
Noeng Muhajir dalam buku Eko Sigit Purwanto (2021). Strategi Pembelajaran, Jawa Tengah: CV. Eureka Media Aksara.
Qomar Mujamil (2019). Transformasi Pendidikan Islam. Malang: Madani Media.
Rizky Nastiti & Nurul Hayati (2020). “Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi: Tantangan Bagi Mahasiswa dan Dosen di Tengah Pandemi”, Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, no. 3 (379-380) https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.145.
Sanjaya Wina dalam buku Purwanto Sigit Eko (2021). Strategi Pembelajaran, Jawa Tengah: CV. Eureka Media Aksara.
Surur Miftakus Agus (2020). Ragam Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan Tes Formatif, CV. Aa. Rizky.
Syaikh Alu Muhammad bin Abdullah (2018). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 9. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.
Ummi Inayati (2020). “Strategi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran HOTS Menggunakan Model Problem Based Learning”, Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah”, no. 2 (28) https://doi.org/10.36835/au.v2i2.410.
Widodo (2017). “Objek Kajian dan Urgensi Mempelajari Sejarah”, Jurnal Ilmiah Pedagogy, vol 10 no. 1, E-ISSN: 2723-1879.
Yoki Ariyana dkk (2018). “Modul Belajar Mandiri: Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hak.