PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN KELAS III PUTRA DI MADRASAH SALAFIYAH ULA ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.58Keywords:
Pembelajaran tahfidzul Qur’an; Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz; Kurikulum Tahfidz; Learning Tahfidzul Qur'an; Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz; Tahfidz CurriculumAbstract
Pada tingkat Salafiyah Ula (SU) muatan kurikulum tahfidznya paling banyak dibandingkan pada jenjang lainnya. Pengurus Islamic Centre Bin Baz (ICBB) menyadari bahwa anak-anak pada usia SD masih memiliki potensi otak yang luar biasa. Otak dan hati mereka masih jernih belum banyak terkontaminasi oleh pengaruh-pengaruh negatif, sehingga pada usia ini sangat bagus digunakan untuk banyak menghafal Al-Qur’an. Siswa lulusan jenjang Salafiyah Ula ini ditargetkan mempunyai hafalan 6 juz atau rata-rata mereka ditargetkan hafal 1 juz per tahun. Untuk mencapai target hafalan sebanyak itu, maka pihak lembaga memberikan porsi jam tahfidz yang cukup besar yaitu 3 jam per hari dari jam 07.00 – 10.30. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksaanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an, hasil pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an kelas III di Madrasah Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta.
References
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta : Darus Sunnah, 2007
https://khazanahilmublog.wordpress.com/informasi/pesantren/pondok-pesantren-islamic-centre-bin-baz-yogyakarta/
Dudung Abdurrohman, Pengantar Metodologi Penelitia, (Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2003)
Husna Nashihin, Kontektualisasi Strategi Pembelajaran Nabi, (Semarang: CV. Pilar Nusantara, 2019)
Juklak Pembelajaran Tahfizhul Qur’an Salafiyah Ula ICBB, 2020/2021
Juklak Pembelajaran Tahfizhul Qur’an Salafiyah Ula, 2020/2021