METODE PEMBELAJARAN BERBASIS QANTUM LEARNING DI PONDOK PESANTREN YATIM DAN DHUAFA AR. FAKHRUDDIN PRAMBANAN
DOI:
https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.65Keywords:
. Metode Pembelajaran; Pondok Pesantren; Quantum Learning; Yatim DhuafaAbstract
Artikel ini merupakan penelitan lapangan yang menggunakan pendekatan Fenomenologi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Fenomena metode pembelajaran yang ada di sekolah, khususnya pondok pesantren dirasakan belum komprehensif bagi siswa untuk belajar. Padahal seharusnya lingkungan pondok pesantren dapat menjadi wadah untuk mengaplikasikan keilmuaan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Adanya Pendekatan quantum learning berupaya untuk memanfaatkan secara optimal potensi atau kemampuan dasar yang dimiliki manusia dengan melakukan berbagai cara atau teknik yang melibatkan keseluruhan kepribadian baik intelek, fisik, maupun emosi. Pondok pesantren memiliki program unggulan keislaman yang merupakan pengembangan dari metode quantum learning yang meggabungkan aspek sugestology, teknik percepatan belajar dan neurolinguistik (NLP), para siswa diarahkan mengikuti kegiatan yang telah ditetapkan pondok pesantren, diantaranya yaitu Kegiatan Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM), Tapak Suci (TS), Hizbul Wathan (HW), khitobah, membaca hadits, dan Bimbingan Baca Qur’an (BBQ) yang dilakukan secara kontinu. Dengan penggunaan quantum learning membuat siswa dapat menemukan sendiri jawaban atas permasalahan dan beraktivitas sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
References
As – Sayyid, Butsainah, Berkah Mengasuh Anak Yatim, tt:tp
Candra, Bach Yunof. Problematika Pendidikan Agama Islam, ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, (vol.3, no. 2, 2018)
Munif Chatib, Munif, Orang Tuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak (Bandung: Mizan Pustaka, 2015)
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta:Balai Pustaka, 1989)
DePorter, Bobbi dkk, Quantum Learning: Unleashing the Genius In You, terjemahan oleh Alwiyah Abdulrahman, (New York: Dell Publishing ,1992)
Faturrahman, Pupuh, Pengembangan Pondok Pesantren: Analisis Terhadap Keunggulan Sistem Pendidikan Terpadu, (Letur Seri xvi/202)
Mudiyaharjo, Redja, Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendididkan di Indonesia, Cet ke-2, (Jakarta: PT Raja GrafindoPersada, 2002)
Shihab, M. Quraish, Wawasan al-Qur’an : Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat, (Bandung: Mizan, 1996)
Sudjana, Nana, Teori Teori Pembelajaran, Jakarta: Lembaga Penerbitan Ekonomi Universitas Indonesia. Teknodik Edisi No.9N. (Jakarta: Pustekom Dikbud. 1985)
Suprihatiningrum, Jamil, Strategi Pembelajaran ; Teori dan Aplikasi (Cet. I;(Jogjakarta: arRuzz Media, 2013)
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: Rosdakarya, 1994)
Zayadi, Ach. Quantum Learning Dalam Prespektif Pendidikan Islam, jurnal Hikmah: Ragam Moodel dan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Islam, vol. 13, no.1, 2017