Pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar fiqih siswa di MIM Randulas Pulutan Nogosari

Authors

  • Nashihun Nashihun Institut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta
  • Mujiburrohman Mujiburrohman Institut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta
  • Joko Subando Institut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.51468/jpi.v5i001.272

Keywords:

Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence, Fiqh Learning Achievement

Abstract

The purpose of this study was: to determine the effect of intellectual intelligence and emotional intelligence on students' achievement in learning jurisprudence at MIM Randulas Pulutan Nogosari. This type of research is to use a quantitative research approach and use primary data. The population in this study were 30 grade 4 students of MIM Randulas Pulutan Nogosari. Test analysis in this study using multiple linear regression test, t-test, F test, and the value of the coefficient of determination (R2). Based on the results of this study it can be concluded that: 1) intellectual intelligence has a significant effect on the learning achievement of fiqh students of MIM Randulas Pulutan Nogosari. 2) emotional intelligence has a significant effect on the learning achievement of fiqh students of MIM Randulas Pulutan Nogosari.

Author Biographies

Mujiburrohman Mujiburrohman, Institut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta

 

 

Joko Subando, Institut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta

 

 

References

Adawiyah, R. A. R. (2013). Kecerdasan emosional, dukungan sosial dan kecenderungan burnout. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 99-107.

Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2).

Arif, M. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam Lingkungan Keluarga. PENDAIS, 3(1), 1-24.

Ary Ginanjar, M. (2008). Kecerdasan kecerdasan Manusia Modern. Jakarta: Cahaya Pelita.

Choiriah, A. (2013). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan etika profesi terhadap kinerja auditor dalam kantor akuntan publik. Jurnal Akuntansi, 1(1).

David Wechsler. (2015). Kecerdasan Intelektual dalam Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Pustaka Gramedia tahun.

Dewi, P. E. D. M., Martadinata, I. P. H., & Diputra, I. B. R. P. (2018). Analisis Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Love of Money Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa (Studi Empiris Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha). JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 3(2).

Faizah, U. N. (2020). Strategi Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Lawrence E. Shapiro) (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Furdiyantanta. (2019). Sejarah Kecerdasan Manusia. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Furkan, N. (2013). Pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Magnum Pustaka.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariative Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis Multivariete dengan program IBM SPSS 23 (edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah, U. (2016). Pola asuh orangtua dalam membentuk karakter anak. Jurnal Elementary, 2(2), 72-82.

Husna Nashihin, Yenny Aulia Rachman, Betania Kartika, Nurmasinta Fadhilah, T. H. (2023). Pendidikan TPQ Kontra Radikalisme berhaluan Aswaja (M. D. Yahya (ed.)). Academia Publication. https://idr.uin-antasari.ac.id/22876/2/Pendidikan TPQ Kontra Radikalisme Berhaluan Aswaja -1-.pdf

Husna Nashihin. (2017). Pendidikan Akhlak Kontekstual. CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=UBWiDwAAQBAJ

Kristanto, K. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Agama Kristen berbasis Kecerdasan Kristen Berbasis Emosional di UKI Toraja. KINAA: Jurnal Teologi, 4(2).

Masduki, Y. (2016). Pendidikan Kecerdasan Berbasis Keimanan. Jurnal Tarbiyatuna, 7(1), 53-81.

Mauliddiani, D., Hasibuan, D., & Harahap, H. S. (2023). Kemampuan Daya Tangkap Anak dalam Pembelajaran Kelas V MIS Al Mukhlisin Kabupaten Deli Serdang. Journal on Education, 6(1), 1381-1389.

Muslimin, N. (2016). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS IQ, EQ, SQ DAN CQ. KABILAH: Journal of Social Community, 1(2), 255-273.

Nashihin, H. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Formaci. https://books.google.co.id/books?id=X27IDwAAQBAJ

Nashihin, H. (2019). Character Internalization Based School Culture of Karangmloko 2 Elementary School. Abjadia, 3(1), 81–90. https://doi.org/10.18860/abj.v3i2.6031

Nashihin, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menyusun Puzzle di RA Fadnur Aisyah. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 10(2), 414–423.

Nashihin, H. (2023). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Eksperimen, dan R&D). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantitatif/w-bFEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Rachmawati, T. S., & Yasin, H. (2021). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Kecerdasan emosional (EQ) Siswa. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 40-59.

Robbaniyah, Q., Lina, R., Ustadz, S., Rofiq, A., Islami, F. Al, & Faiz, A. (2022). Konstribusi Pemikiran Abu Nida ` dalam Pengembangan Pendidikan Islam Pondok Pesantren di Indonesia. JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 1(1), 23–34.

Sarwadi, H. N. (2023). Character Education between The Western Context and Islamic perpective. 4(1), 1–12.

Suriadi. (2022). Relasi Manajemen Keuangan dan Kualitas Lembaga Pendidikan Islam. AMORTI: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 1(2), 111–121.

Sari, I. A. (2020). Hubungan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Kecerdasan Emosional Siswa Tahfidz di SMA IT Baitul Muslim Lampung Timur (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B., & Umar, M. K. (2023). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran: sebuah konsep pembelajaran berbasis kecerdasan. Bumi Aksara.

Wartanto, Muhaimin. (2016). Intelejensi: Mengenal dan Cara Mengukurnya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yahiji, K., & Damhuri, D. (2018). Revitalisasi Pembinaan Akhlak Peserta Didik dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Quotient di Era 4.0. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1-15.

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Nashihun, N., Mujiburrohman, M., & Subando, J. (2023). Pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar fiqih siswa di MIM Randulas Pulutan Nogosari. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(001), 346–355. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i001.272