Implementasi media pembelajaran audiovisual berbasis Canva dalam meningkatkan minat belajar pendidikan agama islam di SD Negeri 01 Karanganyar tahun ajaran 2022/2023

Authors

  • Nanang Widi Atmoko Institut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta
  • Mujiburrohman Institut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta
  • Iffah Mukhlisah nstitut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.51468/jpi.v5i1.332

Keywords:

Audiovisual, Canva, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi media pembelajaran audio visual berbasis Canva di SD Negeri 01 Karanganyar. Mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran audiovisual berbasis canva di SD Negeri 01 Karanganyar, dan Mengetahui hambatan dan solusi implementasi media pembelajaran audiovisual berbasis canva di SD Negeri 01 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengunjungi langsung ke tempat lokasi yaitu SD Negeri 01 Karanganyar. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, Implementasi media pembelajaran Audio Visual berbasis Canva di SD Negeri 01 Karanganyar sudah diterapkan dengan baik meskipun hanya beberapa guru yang menggunakan aplikasi Canva. Respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi canva dalam proses pembelajaran adalah sangat tertarik dan antusias. Mereka merasa senang karena ada tayangan vidio yang menarik minat belajar mereka. Hambatan yang muncul dalam proses pembelajaran yang menggunakan aplikasi Canva adalah keterbatasan waktu dalam membuat media pembelajaran. Solusi yang diberikan adalah tetap semangat dalam berkarya dan selalu berbenah diri untuk mengikuti kegiatan diklat atau workshop untuk peningkatan kompetensi guru.

References

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2006), Cet. 3, h.130.

Alwy Ikram, dkk. (2022). Strategi Pembelejaran Fiqih. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya

Andi Achru P. “Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran”, Jurnal Idaarah, 2019, Vol.3, No.2, h.206.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanti, D. (2019). Be Smart Teacher with Smartphone. Jawa Timur: PT. Uwais Inspirasi Indonesia.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Distira Aminatu Fadlina, Abdul Manan dan Salman Zahidi, “Pengaruh Kompetensi Guru PAI Terhadap Minat Belajar Siswa”, Sawabiq : Jurnal KeIslaman, 2020, Vol.1, No.1, h.2

Erni Purwati, d. (2020). Analisi Masalah Psikologi Siswa Madrasah Tsanawiyah Berbasis Sistem Informasi Online dalam Pendidikan Islam. Sidoarjo: Jifatama.

Fitri, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini , 5, 61.

Garris Pelangi, (2020), “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA, Jurnal Sasindo Unpam, Vol. 8, No. 2, hlm 81-82.

H. Asnawi, M. B. (1990). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman , IV, 129-130.

Hanifal Fauzy AH, Zainal Abidin Arief dan Muhyani, “Strategi Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab”, Tawazun Jurnal Pendidikan Islam, 2019, Vol.12, No.1, h.118.

Karlina, I. N. (t.thn.). Cara Menggunkaan Canva. Dipetik August 9, 2022, dari qwords.com: https://qwords.com/blog/cara-menggunakan-canva/

Kompri, Belajar Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, (Yogyakarta : Media Akademi,

M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, ( Jakarta : Rineka Cipta, 2015), h.210

Milles, Matthew B, dan A. Michael Huberman, (2007). Analisis Data Kualitatif, Jakarta: UI Press.

Moh. Roqib, Ilmu Pendidikan Islam : Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat, (Yogyakarta : LKiS Yogyakarta, 2009), h.27.

Moleong, L. J. (Metode Penelitian Kualitatif). 2004. Bandung: Rosdakarya.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Depok : PT RajaGrafindo Persada, 2015), Cet.15, h.152.

____________, Psikologi Belajar, (Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2017), h.148.

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT. Kencana.

M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, (Jakarta : Lentera Hati, 2002), h.433

Rizki Nurhana Friantini dan Rahmat Winata, “Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika”, Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2019, Vol.4, No.1, h.7.

Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013)

Santrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jawa Timur: PT. Uwais Inspirasi Indonesia.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta : Rineka Cipta, 2010), h.180.

Sulistyowati, Endang. 2012. “Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar.” Jurnal Al-Bidayah 4(1): 63–76.

Suryani, E. (2017). Best Practice Pembelajaran INovasi Melalui Model Project Based Learning. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Sutopo, H. (2002). Metode Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapan dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Suyono dan Hariyanto, Implementasi Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015), 178.

Syarif Hidayat dan Asroi, Manajemen Pendidikan Substansi dan Implementasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia (Tangerang: Pustaka Mandiri, 2013), 89

Syardiansah, “Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi Kasus Mahasiswa Tingkat 1 EKM A Semester II)”, Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 2016, Vol.5, No.1, h.444

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2008), h. 22

Tanjung,Rahma Elvira,dkk. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika.Vol. 7, No. 2.

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2008), h.130.

Tatik Sutarti, E. I. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008) h.265.

Zaakiyah, R. (t.thn.). Makin Populer, 5 Manfaat Canva yang Wajib Kamu Tahu. Dipetik Agustus 9, 2022, dari www.idntimes.com: https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/tech/trend/amp/oksi-pangestuti/manfaat-canva-yang-wajib-kamu-tahu-c1c2

Zuhairini, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Malang : UIN Press,2004),h.1

Zakiah Darajat, dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), Cet. V, h. 63-68.

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Nanang Widi Atmoko, Mujiburrohman, & Iffah Mukhlisah. (2023). Implementasi media pembelajaran audiovisual berbasis Canva dalam meningkatkan minat belajar pendidikan agama islam di SD Negeri 01 Karanganyar tahun ajaran 2022/2023. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 727–736. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i1.332